Hal Kecil

Ternyata menyenangkan saat kita memandang besar hal-hal kecil di sekitar kita, terlebih lagi yang tak terduga. Anda tahu, baru saja saya menerima ‘senyum gratis’ dari bayi di gendongan ibunya saat saya sedang kesal mengantri di supermarket kecil dekat kantor akibat (menurut saya) ketidakbecusan sang kasir.

Sekilas bukankah senyum bayi adalah hal kecil yang biasa terjadi? Tetapi, (mungkin agak berlebihan) justru seketika rasa kesal saya saat itu berubah jadi rasa senang, bahagia, dan gemas saat melihat kurva sempurna yang terbuat dari garis bibir sang bayi itu.


Cuma berpikir, kalau dihitung sudah berapa banyak hal kecil yang terlewati atau teracuhkan. Mulai dari malasnya kita menatap wajah pelayan restoran yang me-refill gelas kosong kita, dan banyak lagi hal lainnya. Semua terlewati, kalah signifikan dengan kesibukan pekerjaan, atau mungkin kalah penting dengan keberadaan orang terdekat yang kita kasihi.

Ini bukan tentang cara kita memandang ‘siapa’, tapi lebih bagaimana kita memandang ‘apa’ sebagai sebuah kejadian kecil yang sebenarnya bisa saja mempengaruhi hidup kita. Saya jadi ingat saat Bunda Teressa ditanya bagaimana bisa sebegitu besarnya ia mencintai orang-orang. Jawabannya, karena ia menganggap semua orang adalah Jesus.

Jadi, seorang Teressa memakai konsep bahwa semua orang (sekalipun yang tidak dikenalnya) memiliki sifat ketuhanan yang harus dianggap penting, bahkan sangat penting. Kita, bisakah menerapkan cara pandang yang sama dengan Teressa dalam memandang setiap kejadian kecil di sekitar kita?

 

2 Responses to Hal Kecil

  1. iya bener… bangga gw

  2. sekar says:

    hormaaat graaak!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: