Persiapan Migrasi, di Eropa ngga Ada Angkot!

Judul provokatif dikit boleh dong, padahal emang ga ada hubungannya, apalagi migrasi ke Eropa, boro-boro. Tapi ya emang bener, temen yang lagi studi di Paris sering cerita tentang culture shock yang pernah dia alami saat awal-awal dia stay di sana.

Culture shock apa? Jadi gini, yang dulunya pas dia di Jakarta, budaya yang dianut adalah budaya ‘ngangkot’, di Paris harus berubah jadi budaya ‘jalan kaki’ untuk tiap perjalanan pulang pergi dari rumah ke kampus juga tempat-tempat lainnya,

“Di sini nggak ada angkot!”, katanya di sebuah window chatting udah lama banget.


Hmm, hampir tiap hari perjalanan yang ditempuh jaraknya sekitar 8km pp. Lumayan kan? Yess, dia bilang seminggu pertama dia di sana sukses bikin kaki nyut-nyutan.

Setelah pernah nyoba lari, tadi pagi gue nyoba jalan santai dari rumah ke kantor. Eh, ini bukan ngikutin temen gue tadi, tapi emang cuma iseng aja karena bosen pergi ngantor naekin alat mulu.

Wuiih, untuk jarak 11,52km ternyata harus ditempuh dengan waktu 2 jam, 39 menit, 18 detik berdasarkan itung-itungan sodaranya Edo Kondologit, Mr. Endomondo. Waktu tempuhnya 2 kali lebih lama dari lari.

Itu udah termasuk waktu yang kepotong untuk kencing di kebon orang, antri nyebrang di perempatan jalan, dan jalan sedikit (banget) memutar untuk menghindari mayat-mayat tikus yang berserakan korban ganasnya rimba jalanan.

Tapi menyenangkan, sampe kantor ditimpa mandi dan susu dingin bener-bener ajib rasanya. Dan sekarang waktu gue nulis ini, kaki udah nggak berasa pegel. Next week nyoba lagi, lagi dan lagi.

Yaah, siapa tau jadi migrasi ke Eropa. Angkotnya, bukan gue nya.

4 Responses to Persiapan Migrasi, di Eropa ngga Ada Angkot!

  1. kalau jalan emang enak jal.. sambil melangkah bisa sambil mikir macem-macem.
    Kalo naik sepeda atau kendaraan rasanya baru terlalu fokus, eh tau-tau udah nyampe

  2. northeist says:

    Tapi dibanding jalan, lebih enak lari. Jalan lebih membosankan. Berhubung tadi bawa gendolan dan berdua Lita, jadi jalan santai aja deh.

  3. Fannie Waldhani says:

    Baiklah… Besok saya akan coba jalan kaki ke kantor! Mudah2an gak dikejar anjing yaaaaa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: