Teknis yang Bicara. (Cihuni MTB XC Exhebition Race)

Gimana marahnya Mark Cavendis sampai dia ngebanting helmnya saat nggak bisa melanjutkan balapan di salah satu stage TDF tahun lalu. Gimana juga ngamuknya Alberto Contador saat sempat terjatuh dan mengalami trouble pada sepedanya di salah satu stage TDF tahun ini. Juga gimana kesalnya seorang teman perempuan saat race di Pakuan Hill, Bogor, beberapa waktu lalu karena trouble di rantai sepeda. Ternyata hal serupa harus gua alami saat turun bareng Tim RRT di Cihuni MTB XC Exhebition Race kemarin (24/7/2011), gua harus mengalami trouble rante putus saat baru menjalani sepertiga lap pertama.

Sejak awal, sepeda yang gua pake memang ada sedikit kendala di bagian hub belakang, yang membuat sprocket-nya agak goyang. Dan waktu dites di hari sebelumnya, saat dipakai untuk sprint posisi rante di sprocket nggak pernah stabil, pindah-pindah sendiri. Setelah setting ulang pun masih ngga berubah. Akhirnya gua putuskan untuk memakai wheel set belakang Bimar, dan hasilnya jadi lebih stabil.


Berbekal persiapan cukup matang, kondisi yang sangat fit dengan posisi start bagus, race diawali dengan adu sprint hingga saat masuk single track awal gua bisa dapet di posisi yang menguntungkan (posisi 5). Tapi ternyata trouble dateng lagi, posisi cog dan RD nggak pernah bisa presisi. Sepanjang tanjakan rante di sprocket belakang terus berpindah sendiri. Kalo udah gitu biasanya saat shifting ditambah atau dikurangi satu space posisi rante akan stabil, tapi ini nggak berubah. Hmm, tapi nggak ada pilihan lain, the race must go on.

Sempet liat sebentar, rante terletak di cog tengah, tapi posisi RD nggak presisi mengikuti yang membuat posisi antara rante di sprocket dan RD jadi miring. Teori gua sih, posisi itulah yang menyebabkan gesekan rante jadi sangat terganggu, hingga akhirnya di sebuah tanjakan landai yang sebenernya enak banget untuk sprint, balapan harus selesai buat gua. Cetaaar, rante putus di situ.

Sempet terpikir untuk nyambung rante, tapi perhitungan waktunya paling enggak butuh waktu sekitar 15 menit, kira-kira sama dengan waktu yang dipakai pembalap terdepan untuk kembali sampe di lokasi gua putus rante. Dengan kata lain, kalau pun rante selesai disambung, ngga lama setelah itu gua pasti di-overlap. Akhirnya gua putuskan untuk ambil jalur shortcut ke lokasi start, dan menikmati balapan dari kursi penonton.

Tapi dari situ, apakah gua harus menyalahkan teknologi? Sama sekali enggak. Kesalahan terbesar justru tetap terletak pada faktor manusianya, gua sendiri. Biar bagaimanapun, walau gue merasa persiapan teknis kemarin sudah cukup matang, bahkan ketika harus memutuskan untuk memakai wheelset Bimar ketika lomba, tapi faktanya trouble tetep ada. Artinya itu baru setengah matang, belum matang dari segi persiapan teknis. Dengan kata lain Trouble muncul karena memang ada ‘sentuhan’ yang salah dari kita. Next race must be better.

Salut buat Koh Asan, terutama buat Bimar yang berhasil menyelesaikan lomba hingga finish.

Juga buat Om John, Korwil Rosela yang akhirnya memberanikan diri untuk turun di ajang balapan.

Bravo RRT.

8 Responses to Teknis yang Bicara. (Cihuni MTB XC Exhebition Race)

  1. jerry says:

    Mantap…. bravo bang jali.. bravo RRT… tenang jali,
    Semua emang dah diatur ama Allah… next event insya allah
    lebih baik lah… terus berlatih untuk berprestasi… hehehe…

  2. SANDER DANNY says:

    TREK INI BENER ENAK SEKALI KALAU BISA JANGAN HILANG.

  3. SANDER DANNY says:

    Treknya enak sekaliiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii kalau bisa terus jangan sampai hilang deh.

  4. ya mbok sekali2 sepedanya dirawat.. dimandiin kembang gitu biar ga apes😀

  5. Geza says:

    ..beli jerseynya dimana om?

  6. 51odong says:

    jerseynya ga dijual om, khusus buat yg balapan..no race no jersey :))

  7. northeist says:

    Yo, balapan dulu. Baru dikasih.🙂

Leave a Reply

